Salah satu sumber sampah di desa Hilir Muara adalah sampah yang masuk melalui air laut saat air pasang. Problem ini sudah bertahun-tahun menjadi kendala bagi Desa Hilir Muara dan berakhir pada menumpuknya sampah laut di area-area tertentu di desa.

Guna mengatasinya, pada bulan Februari 2020 yang lalu, bekerjasama dengan Politeknik Kotabaru, Desa Hilir Muara mengujicobakan Penahan Sampah Terapung atau PST. PST ini terbuat dari limbah botol plastik yang dirangkai dengan jaring ikan sehingga membentuk rangkaian penahan atau barrier.

Ide ini dikembangkan oleh dosen Poltek Kotabaru, Satriani dan Sylviana, dari hasil penelusuran mereka di platform sosial media dan kemudian dirakit bersama-sama dengan mahasiswa mereka di Poltek.

Ujicoba yang dilakukan berhasil menahan laju sampah yang masuk saat air laut pasang. Menurut Kades Hilir Muara, H. Nurdin, yang turun langsung dalam kegiatan ujicoba ini, tentunya kesadaran masyarakat desanya pada akhirnya memegang peranan penting.

Menurut H. Nurdin, sampah yang tertahan oleh PST harus diangkat ke daratan oleh warga terdekat lokasi pemasangan PST dan selanjutnya akan dikumpulkan oleh petugas kebersihan desa.