Kepala Dinas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru, Arif Fadillah menjelaskan bahwa terdapat lima level untuk pembagian zona kemampuan masyarakat dalam mengelola sampah, yaitu:

– Cerdas level pertama adalah mengetahui tempat dan waktu membuang sampah.
– Cerdas level kedua adalah mampu memilah sampah.
– Cerdas level ketiga adalah mampu memanfaatkan sampah.
– Cerdas level keempat adalah mampu memanfaatkan nilai ekonomi sampah.
– Cerdas level kelima adalah mampu mengelola sampah secara mandiri.

Arif Fadillah mengatakan, “Ini merupakan himbauan kepada masyarakat agar Cerdas dalam mengelola sampah, sebagai contoh level pertama bagi anak yang membuang sampah sesuai waktu dan tempat mendapatkan imbalan hadiah paket internet, dan silahkan hubungi nomor 081251884545.

Arif melanjutkan bahwa Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, mereka mampu memanfaatkan nilai ekonomi sampah tentunya pengelolaannya melalui Bank sampah sehingga masuk ke dalam level ke empat.

Sedangkan yang mampu meraih level kelima yakni mampu mengelola sampah secara mandiri yakni Desa Tegal Rejo Kecamatan Kelumpang Hilir. “Karena mereka mampu memanfaatkan sampah serta mengolah sampah menjadi minyak mentah dengan alat firolisis “ungkap Arif.

Ini sebagai contoh yang patut ditiru oleh Desa-Desa lain agar benar-benar bisa mengelola sampah, dan secara cerdas menciptakan kebersihan, “pungkasnya.

Kadis Lingkungan Hidup Kotabaru, Arif Fadillah di ruang kerjanya.
Sumber: mediapurnapolri.net