Profil & Potensi

Profil Umum Desa

Desa Hilir Muara berada di Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan berdiri pada 1970. Luas wilayah Desa Hilir Muara mencapai 55 Ha terdiri dari 12 RT dan 2 Dusun.

Desa terpencil di bibir pantai ini, menjadi desa yang terpadat kedua di wilayah Kabupaten Kota Baru. Kepadatan penduduk di Desa Hilir Muara, mendorong Pemkab Kota Baru menjalankan program Kampung Keluarga Berencana (KB) di desa itu.

Desa itu juga memiliki sistem pengolahan sampah yang terpadu. Sistem pengolahan sampah dibentuk warga desa, dengan membangun Bank Sampah Hilir Muara Bercahaya. Bank sampah tersebut dikelola pemerintah desa dan hasilnya dinikmati warga desa.

Bank sampah tersebut merupakan kisah suskses lain Desa Hilir Muara, untuk mengubah kebiasaan warga yang biasa membuah sampah ke laut menjadi warga yang memiliki semangat konservasi. Pasalnya, sampah yang dibuang ke laut juga berpotensi menutupi karang tempat ikan-ikan mencari makan sehingga mengancam populasinya. Mubadala Petroleum membantu pelatihan pengelolaan bank sampah sekaligus keterampilan pemanfaatan daur ulang sampah.  Sejak bulan Maret 2020, Bank Sampah Hilir Muara Bercahaya telah berubah nama menjadi Bank Cinta Lingkungan Hilir Muara Bercahaya.

Desa Hilir Muara berbatasan dengan selat laut Kecamatan Pulau Utara. Di selatan, desa ini berbatasan dengan Desa Kelurahan Kotabaru Hilir. Sementara di sisi timur, Desa Muara Hilir berbatasan dengan Desa Sigam. Sedangkan di sisi barat berbatasan dengan selat laut Kecamatan Pulau Laut Utara.

Jumlah penduduk pada survei 2016 mencapai 5.048, rinciannya, 2.571 pria dan 2.513 wanita. Desa Hilir Muara memiliki warga berpendidikan D1 ke atas berjumlah 61 orang. Jumlah total keluarga miskin di Desa Hilir Muara tahun 2016 sebanyak 145 KK. Angka ini menyusut pada tahun 2017 menjadi 118 KK miskin.

Visi Desa Hilir Muara

Menjadi Desa yang Bersih, Hijau dan Inovatif

Potensi Desa

Dari sisi SDM, Desa Hilir Muara memiliki 5.085 penduduk. Dengan komposisi penduduk berasal dari Suku Bugis, Banjar, Mandar, dan Jawa. Rata-rata penduduk mengenyam pendidikan tingkat SLTA. Masyarakat di desa itu umumnya berprofesi sebagai nelayan dengan jumlah 1.312 orang dan PNS  sebanyak 102 Orang. Selain itu, terdapat buruh dan tukang yang bekerja di Desa Hilir Muara.

Infrastruktur di Desa Hilir Muara cukup memadai, kondisi jalan terbuat dari susuanan kayu ulin dan sebagian besar sudah melalui pengerasan. Meskipun demikian jalan masih cukup baik untuk dilewati. Sementara kondisi kantor desa dan sekolah masih membutuhkan perbaikan, karena keterbatasan ruangan yang tersedia.

Selain itu, Desa Hilir Muara memiliki modal sosial yang besar. Warga terbiasa gotong royong dan kegiatan pengajian, masih rutin dilaksanakan oleh warga. PKK di Desa Hilir Muara cukup aktif, namun hanya 10% ibu rumah tangga mengikuti kegiatan PKK, Mayoritas PKK diikuti oleh pihak pemerintahan desa.

Dari sisi SDA, perairan laut di sekitar Desa Hilir Muara bisa dikembangkan menjadi wilayah konservasi terumbu karang, hutan bakau, perikanan, dan eco-tourism yang melibatkan warga.